Cara Membuat Kegunaan Penelitian dalam Skripsi


Kegunaan penelitian menyatakan kemungkinan pemanfaatan yang dapat dipetik dari pemecahan masalah yang didapat dari penelitian. Kegunaan penelitian dapat juga disebut dengan signifikansi penelitian. Secara umum, kegunaan penelitian diarahkan kepada dua jenis kegunaan.





 Pertama, kegunaan yang bersifat ilmiah, yaitu manfaat yang dapat diambil dari hasil penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan.
Kedua, kegunaan yang bersifat praktis, yaitu sejauh mana kegunaan penelitian untuk memecahkan problem-problem praktis yang dihadapi masyarakat. kegunaan yang bersifat praktis ini juga diarahkan sebagai bahan masukan dalam suatu proses pengambilan keputusan.

Contoh: Setelah masalah,
1)  Bagaimana pendapat ulama desa Cibenda Kecamatan Parigi tentang ahli waris pengganti?
2) Metode ijtihad apa yang digunakan atau yang dominant sehingga sehingga mereka berpendapat demikian?
maka dijawab melalui proses penelitian. Hasil pemecahan masalah tersebutdapat digunakan untuk:\

1. Kegunaan secara ilmiah

a. Dapat digunakan sebagai landasan teoritis dalam memahami karakter ijtihad para ulama di daerah pedesaan.
b.  Landasan teori tersebut juga dapat terus diuji validitasnya sehingga ditemukan generalisasi-generalisasi baru yang dapat mendeskripsikan karakteristik ijtihad para ulama di daerah pedesaan.

2. Kegunaan secara praktis

a. Hasil penelitian tersebut dapat digunakan untuk memecahkan problem-problem pembagian harta waris, terutama untuk kasus-kasus kewarisan yang sama
b. Hasil penelitian tersebut dapat juga berguna untuk membuat kebijakan di bidang hukum waris.

Demikian cara membuat kegunaan penelitian dalam skripsi, mudah-mudahan tulisan ini bisa memberi manfaat bagi kita semua, untuk selanjutnya bisa kalian baca pembahasan mengenai.
  • cara membuat tinjauan pustaka dalam skripsi

0 Response to "Cara Membuat Kegunaan Penelitian dalam Skripsi"

Post a Comment