Cara Membuat Tujuan Penelitian Skripsi

cara membuat tujuan penelitian skripsi
Tujuan Penelitian skripsi

Dengan memahami tahap demi tahap bagaimana cara membuat skripsi, dimulai dari pembuatan judul, latar belakang masalah, serta perumusan masalah maka tiba saatnya kita mempelajari bagaimana cara membuat tujuan penelitian skripsi

Perlu diketahui bahwa tujuan penelitian merupakan pernyataan mengenai ruang lingkup dan kegiatan yang akan dilakukan berdasarkan masalah yang telah dirumuskan. Dengan kata lain, tujuan penelitian merupakan lanjutan dari perumusan masalah. Oleh karena itu tujuan penelitian harus memiliki kaitan dengan rumusan masalah. Tujuan penelitian ini dibuat dengan menggunakan kalimat pasif atau aktif, sebagai pengganti dari pernyataan-pernyataan penelitian yang ada pada perumusan masalah.

Tujuan penelitian biasanya dimulai dengan kalimat: "Tujuan penelitian ini adalah untuk....." atau "Penelitian ini bertujuan untuk......". Kata-kata kerja pembuka yang biasa digunakan adalah : untuk mengetahui, menemukan, menjelaskan, menganalisis, menguraikan, menilai, menguji, membandingkan, mengetahui hubungan antara, menemukan hubungan antara, memperoleh data, meneliti pengaruh, meneliti efek dan lain sebagainya.

Sebagai contoh dari rumusan masalah : Bagaimana persepsi siswa kelas VII MTs N Pangandaran tentang hukuman yang diberikan oleh guru? Apakah terdapat hubungan yang positif  antara persepsi siswa kelas VII MTs N Pangandaran tentang hukuman yang diberikan oleh guru dengan kedisiplinan mereka kedisiplinan mereka dengan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru?

Peneliti dapat menyusun dan membuat tujuan penelitiannya sebagai berikut :

Tujuan dari penelitian ini adalah :

1. Untuk mengetahui persepsi siswa kelas VII MTs N Pangandaran tentang hukuman yang diberikan oleh guru
2. Untuk menemukan hubungan antara persepsi siswa kelas VII MTs N Pangandaran tentang hukuman yang diberikan oleh guru dengan kedisiplinan mereka kedisiplinan mereka dengan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru

Demikian langakah demi langkah dalam pembuatan tujuan penelitian, semoga sahabat pembaca dapat mengambil manfaat dari tulisan ini.

baca juga : cara membuat kegunaan penelitian skripsi


0 Response to "Cara Membuat Tujuan Penelitian Skripsi"

Post a Comment