Tiba saatnya kita membuat kerangka pemikiran dalam skripsi. Kerangka pemikiran yang dimaksud di sini adalah kerangka teori dan atau kerangka penalaran. Kerangka penalaran adalah urutan penalaran yang akan digunakan dalam pemecahan masalah. kerangka pemikiran tersebut harus berbentuk operasional yang diturunkan dari satu atau beberapa teori atau pernyataan-pernyataan logis yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti
baca juga:
Kalau dalam tinjauan pustaka peneliti melakukan telaah kepustakaan terhadap teori-teori, konsep-konsep, generalisasi-generalisasi yang relavan dengan masalah penelitian, maka pada kerangka penelitian ini, peneliti menyusun suatu kerangka pemikiran dengan menggunakan argumen logis berasarkan teori-teori konsep-konsep, generalisasi-generalisasi yang ada pada tinjauan pustaka
Agar sebuah kerangka pemikiran meyakinkan, maka argumentasi yang disusun tersebut harus memenuhi beberapa persyaratan, sebagaimana dikemukakan Suriasumantri (1999:320-321)
- Teori-teori yang dipergunakan dalam membangun kerangka pemikiran harus merupakan pilihan dari teori-teori yang dikuasai oleh peneliti secara lebih lengkap (the satate of art) dengan mencangkup perkembangan-perkembangan terbaru
- Analisis filsafati dari teori-teori keilmuan yang difokuskan kepada cara berfikir keilmuan yang mendasari pengetahuan tersebut dengan pembahasan secara eksplisit mengenai postulat, asumsi, dan perinsip yang mendasari
- Mampu mengidentifikasi masalah yang timbul sekitar disiplin keilmuan tersebut
Kekuatan utama kerangka pemikiran terletak pada argumentasi yang logis, yang bisa disusun dengan menggunakan skema atau bagan alur pikir
Penelitian yang mempunyai rumusan masalah "Bagaimana persepsi siswa kelas IX MTs Bojong tentang hukuman yang diberikan oleh guru? Apakah terdapat hubungan positif antara persepsi siswa kelas IX MTs Bojong tentang hukuman yang diberikan oleh guru dengan kedisiplinan mereka dalam mengerjakan tugas-tugas guru?" dapat disusun sebuah kerangka pemikiran yang menunjukan hubungan variabel yang tercangkup dalam penelitian tersebut
Untuk masalah pertama (Bagaimana persepsi siswa kelas IX MTs Bojong tentang hukuman yang diberikan oleh guru?), Peneliti dapat membuat kerangka pemikiran berdasarkan alur pemikiran, misalnya sebagai berikut;
Skema Kerangka Pemikiran 1 |
Argumen tersebut tentu harus berdasarkan pada kajian teoritis yang memadai, yang terdapat dalam tinjauan pustaka
sedangkan untuk masalah kedua (Apakah terdapat hubungan yang positif antara persepsi siswa kelas IX MTs Bojong tentang hukuman yang diberikan oleh guru dengan kedisiplinan mereka dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru) kerangka berfikirnya dapat dibuat misalnya sebagai berikut:
Skema kerangka pemikiran 2 |
Untuk pembahasan selanjutnya kita akan mengulas tentang,
- membuat hipotesis dalam skripsi
0 Response to "Cara membuat Kerangka Pemikiran dalam Skripsi"
Post a Comment